Kamis, 01 September 2016

Tips dan Trik Tugas PATI UMM : Cara Kilat Menambah Link Fakultas dan Jurusan pada Sidebar Blog

Pada postingan kali ini, aku akan membagikan tips dan trik menarik yang aku dapatkan ketika mengikuti PATI (Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi) yang diadakan oleh kampusku tercinta, Universitas Muhammadiyah Malang
Postinganku kali ini akan sangat bermanfaat bagi teman-teman atau calon-calon juniorku nanti yang tahun depan berencana melanjutkan pendidikan ke Universitas Muhammadiyah Malang, karena aku yakin tahun depan kalian akan diberikan tugas yang sama ketika mengikuti PATI kelak. 
Jadi, tahun depan 'in shaa Allah' kalian bakalan dapet tugas untuk menambahkan link masing-masing fakultas dan jurusan yang ada di UMM pada sidebar blog kalian. Bisa dibayangkan 'kan betapa pegelnya tangan kalian untuk meng-input data satu persatu jika menggunakan cara manual. 
Nah, oleh karena kebaikan hati yang kumiliki sejak lahir, kali ini aku datang sebagai penyelamat jari-jemari kalian, wkwkwk.
Maka dari itu bagi kamu-kamu calon juniorku tahun depan, aku ucapkan "selamat" kalian mampir ke blog yang tepat. ^_^

Oke, langsung saja kubagikan tips dan triknya.
  
Pertama, kalian harus sudah memiliki akun blog; baik itu blogspot, wordpress, atau yang lainnya.
  

Kedua, buka dasbor blogger kalian dan klik Tata Letak.




Ketiga, ketika tampilan menu Tata Letak telah terbuka, pilih Tambahkan Gadget pada sidebar blog kalian.
Maka akan muncul pop up seperti di bawah ini
Kemudian klik HTML/JavaScript.
Maka akan muncul kembali pop up seperti di bawah ini.
 

Keempat, tinggalkan sejenak dasbor blog kalian dan tambahkan tab baru untuk membuka blog milik >>> Kak Dedy Surya <<< tutorku saat PATI yang telah berjasa membagikan tips menarik nan bermanfaat ini ^_^
Setelah itu, pada bagian kanan atas klik tautan Menambah Link.
Maka akan muncul halaman yang berisi kumpulan link yang akan kita input ke sidebar.



Kelima, simpan dulu kumpulan link-link tersebut, dan kembali beralih kepada pop up untuk mengonfigurasi HTML/JavaScript yang tadi sempat kita tinggalkan.
Pada bagian Judul, tulis judul yang diinginkan sesuai link-link tersebut. Misal kita akan  membuat link fakultas-fakultas di UMM, maka pada bagian judul ditulis "Fakultas".
Setelah itu copy paste script fakultas tersebut ke dalam kolom Konten.
Kemudian klik Simpan.

Cara yang sama digunakan untuk menambahkan Link Jurusan-jurusan yang ada di UMM.

***
Tadaaaaaa ...  


Lihatlah keajaiban yang terjadi pada sidebar blog kalian yang secara otomatis menambah link yang berjumlah lebih dari 50 tersebut hanya dengan waktu kurang dari 5 menit saja. Padahal jika menggunakan cara manual, untuk menginput link-link tersebut membutuhkan waktu lebih dari 20 menit loh. Nggak percaya? Buktikan saja sendiri! :D 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar